A. PROFIL SEKOLAH
Visi : SDIT MTA Sukoharjo berusaha mewujudkan lulusan yang memiliki akhlak mulia, cerdas dan berprestasi yang berdasarkan syariat Islam yang benar dan akidah yang lurus
Misi :
a. Membiasakan anak memiliki akhlak yang mulia dan akidah yang lurus
b. Membimbing siswa memahami syariat Islam yang benar
c. Melatih siswa mengenali potensi diri untuk mengoptimalkan kecerdasannya
d. Melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, efektif, efisien, produktif dan kompetitif untuk menumbuhkan motivasi berprestasi
e. Melatih anak untuk memiliki kemampuan Tahsin (membaca Alqur’an) dengan benar
Target : Siswa mampu menjalankan sholat 5 waktu, Siswa mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar, Siswa mampu menghafal Alqur’an minimal 1 juz, Siswa mampu menghafal 20 hadist Arbain dan Siswa mampu menguasai ilmu-ilmu dasar (Sains, Matematika, Bahasa Indonesia, PKn dan Bahasa Inggris).
B. TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan di SDIT MTA Sukoharjo adalah membina peserta didik menjadi insan yang bercendikia, muslim dan berakhlak mulia serta memiliki ketrampilan yang memberi manfaat bagi umat manusia dengan memiliki karakter sebagai berikut :
1. Aqidah yang bersih (Salimul Aqidah)
2. Ibadah yang benar
3. Pribadi yang matang
4. Mandiri
5. Cerdas dan berpengetahuan
6. Sehat dan kuat
7. Tertib dan Cermat
C. TARGET LULUSAN SEKOLAH
Target lulusan sekolah akan dicapai siswa selama 6 tahun belajar di SDIT MTA Sukoharjo. Adapun target lulusan sekolah sebagai berikut :
1. Siswa mampu menjalankan sholat 5 waktu
2. Siswa mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar
3. Siswa mampu menghafal Alqur’an minimal 1 juz
4. Siswa mampu menghafal 20 hadits Arbain
5. Siswa mampu menguasai ilmu-ilmu dasar (Sains, Matematika, Bahasa Indonesia, PKn dan Bahasa Inggris).
D. METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan selalu diarahkan pada pendekatan yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Metode dan strategi pembelajarannya adalah :
1. Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning)
2. Pendekatan Pembiasaan (Habit in Activity)
3. Pendekatan perhatian dan kasih sayang
4. Metode PAIKEM (Pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)
5. Metode Quantum Teaching and Learning.
6. Metode SAL (Student Aktive Learning)
7. Metode Qudwah Khasanah (Keteladanan)
8. Strategi hadiah dan hukuman (Reward dan Ponishment)
9. Strategi Tausiyah
E. KEGIATAN SEKOLAH
Kegiatan sekolah adalah semua kegiatan yang dilakukan dalam upaya membantu serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang telah direncanakan, diantaranya meliputi :
1. Kegiatan Ekstrakurikuler
a. Ekstra pilihan
- Tahfidz
- Pidato 4 Bahasa
- Memanah
- Melukis
- Puisi
- Futsal
- MIPA
- Taekwondo
- Gamelan
- Membatik
- Bulu tangkis
- Khot
- Tilawah
2. Kegiatan pembiasaan dan insidental
a. Pemantauan istirahat
b. Pemantauan dan pendampingan ibadah wajib dan sunnah
c. Pemantauan kebersihan dan kerapian
d. Home visit
e. Outing Class
f. Outbond
g. Aksi peduli sosial
h. Penyelenggaraan lomba
i. SKJ bersama