KURIKULUM SDIT MTA SUKOHARJO

Kurikulum Merdeka atau kurikulum Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum 2013. Kurikulum Merdeka merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan Pendidikan karakter, siswa dituntut untuk paham materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta sopan santun disiplin yang tinggi. SDIT MTA Sukoharjo menerapkan kurikulum Merdeka yang merupakan acuan Departemen Pendidikan Nasional. Tetapi sekolah melakukan pengembangan sesuai nilai-nilai islam yang menjadi dasar Pendidikan. Selain kurikulum nasional SDIT MTA Sukoharjo menerapkan kurikulum diniyah. Kurikulum diniyah meliputi Aqidah akhlaq, Fiqh, Alqur an hadits, Bahasa arab, SKI

 

A.      PROFIL SEKOLAH 

Visi : Terwujudnya lulusan SD yang memiliki akhlaq mulia, cerdas dan berprestasi yang berdasarkan syariat Islam yang benar dan aqidah yang lurus

 

Misi :

1. Membiasakan anak memiliki akhlak yang mulia dan akidah yang lurus

2. Membimbing siswa memahami syariat Islam yang benar

3. Melaksanakan proses pembelajaran

4. Melatih siswa mengenali potensi diri untuk mengoptimalkan kecerdasannya

5. Melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, efektif, efisien, produktif dan kompetitif untuk menumbuhkan motivasi berprestasi

6. Melatih anak memiliki kemampuan Tahsin (membaca Alqur’an) dengan benar.

7. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran berkualitas dan efektif yang berbasis kompetensi melalui pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered learning) dengan multi metode dan media, antara lain lewat Saintifik Learning yang berorientasi kepada upaya mengembangkan keterampilan melalui tahap : mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan, dan mengkomuniksikan dengan penilaian otentik.Meningkatkan dan mengembangkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang berdasarkan bakat dan minat siswa/peserta didik.

  1. Melatih anak agar bisa berkompetisi di dalam segala ilmu sehingga dapat mencapai prestasi sampai tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menerapkan manajemen partisipasi dan transparan dengan melibatkan seluruh warga serta komite sekolah (Stakeholder) dalam pengelolaan sekolah.
  3. Menumbuhkembangkan budaya tertib, disiplin, santun dalam tutur kata, dan sopan dalam perilaku terhadap sesama.
  4. Mendidik dan membimbing siswa agar memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar.
  5. Menerapkan pembelajaran keterampilan komputer yang disesuaikan dengan tingkat kelas.  

    Target : Siswa mampu menjalankan sholat 5 waktu, Siswa mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar, Siswa mampu menghafal Alqur’an minimal 1 juz, Siswa mampu menghafal 20 hadist Arbain dan Siswa mampu menguasai ilmu-ilmu dasar (Sains, Matematika, Bahasa Indonesia, PKn dan Bahasa Inggris).

    A.      TUJUAN PENDIDIKAN

    Tujuan pendidikan di SDIT MTA Sukoharjo adalah membina peserta didik menjadi insan yang bercendikia, muslim dan berakhlak mulia serta memiliki ketrampilan yang memberi manfaat bagi umat manusia dengan memiliki karakter sebagai berikut :

    1.      Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur;Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

    2.      Berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif;

    3.      Sehat, mandiri, dan percaya diri; dan

    4.       Toleran, peka terhadap sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.

     

    B.       TUJUAN LULUSAN SEKOLAH

    Tujuan lulusan sekolah akan dicapai siswa selama 6 tahun belajar di SDIT MTA Sukoharjo. Adapun tujuan lulusan sekolah sebagai berikut :

    1.      Siswa mampu menjalankan sholat 5 waktu,

    2.      Siswa mampu membaca Alqur’an dengan tartil,

    3.      Siswa mampu menghafal Alqur’an minimal 2 juz / lebih sesuai kemampuan

    4.      Siswa mampu menghafal 20 hadist Arbain

    5.      Siswa mampu menguasai ilmu-ilmu dasar sesuai Kurikulum SD departemen pend. Nasional & kurikulum Kementrian Agama (diniyah).

    6.      Memiliki budi pekerti yang luhur dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    7.      Terwujudnya sikap perilaku rajin, taat dan tertib menjalankan ibadah selaras dengan tuntutan agama yang dianut dalam praktik kehidupan sehari-hari sehingga terbangun insan yang berakhlak mulia, cerdas dan  berprestasi.

    8.      Mampu mengaktualisasikan budaya hidup tertib, disiplin, jujur, dan santun dalam tutur kata sopan dalam perilaku terhadap sesama.

    9.      Memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan dasar kecakapan hidup (life skill) sebagai salah satu modal hidup mandiri di masa depan.

    10.  Lulus dengan aqidah yang lurus dan nilai yang maksimal, minimal sama dengan KKM, dan Standar Kompetensi Lulusan SD, Indikatornya:

    a.       Nilai rapor siswa kelas I s.d VI minimal sama dengan KKM

    b.      Semakin berkurang persentase siswa tinggal kelas.

    11.  Berpartisipasi aktif dan optimal sehingga mampu memperoleh juara minimal satu kejuaraan dalam berbagai even lomba atau festival yang diselenggarakan di tingkat gugus sekolah/ kecamatan baik bidang akademik maupun non akademik.

    12.  Melestarikan budaya daerah melalui mulok Bahasa Jawa dengan indikator minimal 85% siswa mampu berbahasa Jawa sesuai dengan konteks.

     

    C.      METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

    Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan selalu diarahkan pada pendekatan yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Metode dan strategi pembelajarannya adalah :

    1.      Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning)

    2.      Pendekatan Pembiasaan (Habit in Activity)

    3.      Pendekatan perhatian dan kasih sayang

    4.      Metode PAIKEM (Pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)

    5.      Metode Quantum Teaching and Learning.

    6.      Metode SAL (Student Aktive Learning)

    7.      Metode Qudwah Khasanah (Keteladanan)

    8.      Strategi hadiah dan hukuman (Reward dan Punishment)

    9.      Strategi Tausiyah

    E.      KEGIATAN SEKOLAH

    Kegiatan sekolah adalah semua kegiatan yang dilakukan dalam upaya membantu serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang telah direncanakan, diantaranya meliputi : 

    1.      Kegiatan Ekstrakurikuler

    a.      Ekstra pilihan

    -          Tahfidz

    -          Pidato 4 Bahasa

    -          Memanah

    -          Melukis

    -          Puisi

    -          Futsal

    -          MIPA

    -          Taekwondo

    -          Gamelan

    -          Membatik

    -          Bulu tangkis

    -          Khot

    -          Tilawah

    -       Robotik

    -       Renang

    -       Tapak Suci

    2.      Kegiatan pembiasaan dan insidental

    a.      Pemantauan istirahat

    b.      Pemantauan dan pendampingan ibadah wajib dan sunnah

    c.       Pemantauan kebersihan dan kerapian

    d.      Home visit

    e.      Outing Class

    f.        Outbond

    g.      Aksi peduli sosial

    h.      Penyelenggaraan lomba

    i.        SKJ bersama

     


    Ikuti Kami

    Youtube Instagram Facebook Whatsapp

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *