A. PROFIL SEKOLAH
Visi : Terwujudnya
lulusan SD yang memiliki akhlaq mulia, cerdas dan berprestasi yang berdasarkan
syariat Islam yang benar dan aqidah yang lurus
Misi :
1. Membiasakan anak memiliki akhlak yang mulia dan akidah yang lurus
2. Membimbing siswa memahami syariat Islam yang benar
3. Melaksanakan proses pembelajaran
4. Melatih siswa mengenali potensi diri untuk mengoptimalkan kecerdasannya
5. Melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, efektif, efisien, produktif dan kompetitif untuk menumbuhkan motivasi berprestasi
6. Melatih anak memiliki kemampuan Tahsin (membaca Alqur’an) dengan benar.
7. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran berkualitas dan efektif yang berbasis kompetensi melalui pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered learning) dengan multi metode dan media, antara lain lewat Saintifik Learning yang berorientasi kepada upaya mengembangkan keterampilan melalui tahap : mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan, dan mengkomuniksikan dengan penilaian otentik.Meningkatkan dan mengembangkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang berdasarkan bakat dan minat siswa/peserta didik.
- Melatih anak agar bisa berkompetisi di dalam segala ilmu sehingga dapat mencapai prestasi sampai tingkat nasional maupun internasional.
- Menerapkan manajemen partisipasi dan transparan dengan melibatkan seluruh warga serta komite sekolah (Stakeholder) dalam pengelolaan sekolah.
- Menumbuhkembangkan budaya tertib, disiplin, santun dalam tutur kata, dan sopan dalam perilaku terhadap sesama.
- Mendidik dan membimbing siswa agar memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar.
- Menerapkan pembelajaran keterampilan komputer yang disesuaikan dengan tingkat kelas.
Target : Siswa mampu menjalankan sholat 5 waktu, Siswa mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar, Siswa mampu menghafal Alqur’an minimal 1 juz, Siswa mampu menghafal 20 hadist Arbain dan Siswa mampu menguasai ilmu-ilmu dasar (Sains, Matematika, Bahasa Indonesia, PKn dan Bahasa Inggris).
A. TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan di SDIT
MTA Sukoharjo adalah membina peserta didik menjadi insan yang bercendikia,
muslim dan berakhlak mulia serta memiliki ketrampilan yang memberi manfaat bagi
umat manusia dengan memiliki karakter sebagai berikut :
1.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan
berkepribadian luhur;Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah
(MI)
2.
Berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif;
3.
Sehat, mandiri, dan percaya diri; dan
4.
Toleran, peka terhadap
sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.
B.
TUJUAN LULUSAN SEKOLAH
Tujuan lulusan sekolah
akan dicapai siswa selama 6 tahun belajar di SDIT MTA Sukoharjo. Adapun tujuan
lulusan sekolah sebagai berikut :
1.
Siswa mampu menjalankan sholat 5 waktu,
2.
Siswa mampu membaca Alqur’an dengan tartil,
3.
Siswa mampu menghafal Alqur’an minimal 2 juz / lebih sesuai kemampuan
4.
Siswa mampu menghafal 20 hadist Arbain
5.
Siswa mampu menguasai ilmu-ilmu dasar
sesuai Kurikulum SD departemen pend. Nasional & kurikulum Kementrian Agama
(diniyah).
6.
Memiliki budi pekerti
yang luhur dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
7.
Terwujudnya sikap
perilaku rajin, taat dan tertib menjalankan ibadah selaras dengan tuntutan
agama yang dianut dalam praktik kehidupan sehari-hari sehingga terbangun insan
yang berakhlak mulia, cerdas dan
berprestasi.
8.
Mampu
mengaktualisasikan budaya hidup tertib, disiplin, jujur, dan santun dalam tutur
kata sopan dalam perilaku terhadap sesama.
9.
Memiliki bekal
pengetahuan dan keterampilan dasar kecakapan hidup (life skill) sebagai salah satu modal hidup mandiri di masa
depan.
10.
Lulus dengan aqidah yang lurus dan nilai
yang maksimal, minimal sama dengan KKM, dan Standar
Kompetensi Lulusan SD, Indikatornya:
a.
Nilai rapor siswa
kelas I s.d VI minimal sama dengan
KKM
b.
Semakin berkurang
persentase siswa tinggal kelas.
11.
Berpartisipasi aktif
dan optimal sehingga mampu memperoleh juara minimal satu kejuaraan dalam
berbagai even lomba atau festival yang diselenggarakan di tingkat gugus
sekolah/ kecamatan baik bidang akademik maupun non akademik.
12. Melestarikan budaya daerah melalui mulok Bahasa Jawa dengan indikator minimal 85% siswa mampu berbahasa Jawa sesuai dengan konteks.
C. METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Metode dan strategi
pembelajaran yang digunakan selalu diarahkan pada pendekatan yang dapat
meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Metode dan strategi
pembelajarannya adalah :
1. Pendekatan
CTL (Contextual Teaching Learning)
2. Pendekatan
Pembiasaan (Habit in Activity)
3. Pendekatan
perhatian dan kasih sayang
4. Metode
PAIKEM (Pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)
5. Metode
Quantum Teaching and Learning.
6. Metode
SAL (Student Aktive Learning)
7. Metode
Qudwah Khasanah (Keteladanan)
8. Strategi
hadiah dan hukuman (Reward dan Punishment)
9. Strategi
Tausiyah
E. KEGIATAN SEKOLAH
Kegiatan sekolah adalah semua kegiatan yang dilakukan dalam upaya membantu serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang telah direncanakan, diantaranya meliputi :
1. Kegiatan Ekstrakurikuler
a. Ekstra pilihan
- Tahfidz
- Pidato 4 Bahasa
- Memanah
- Melukis
- Puisi
- Futsal
- MIPA
- Taekwondo
- Gamelan
- Membatik
- Bulu tangkis
- Khot
- Tilawah
- Robotik
- Renang
- Tapak Suci
2. Kegiatan pembiasaan dan insidental
a. Pemantauan istirahat
b. Pemantauan dan pendampingan ibadah wajib dan sunnah
c. Pemantauan kebersihan dan kerapian
d. Home visit
e. Outing Class
f. Outbond
g. Aksi peduli sosial
h. Penyelenggaraan lomba
i. SKJ bersama