Outing Class Bulan Oktober 2016

1.        SDIT MTA Sukoharjo outing class di kantor kelurahan Begajah
Alhamdulillah ujian Mid semester 1 telah usai, semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Untuk melengkapi kegiatan rutin SDIT MTA Sukoharjo maka dari kesiswaan mengadakan agenda Outing Class. Sebuah kegiatan intern sekolah yang wajib di ikuti oleh siswa dan siswi SDIT MTA Sukoharjo.
Rabu 28 September 2016 siswa dan siswi SDIT MTA Sukoharjo kelas 1 mengadakan outing class di kantor Kelurahan Begajah. Sebanyak 90 siswa dan siswi serta di dampingi beberapa ustadz dan Ustadzah mengikutinya dengan tertib. Tepat pukul 08:00 rombongan Berangkat dari gedung 1 SDIT MTA Sukoharjo sebanyak 90 siswa dengan mengendarai 2 armada sepur kelinci bertolak ke kantor kelurahan Begajah yang letaknya tidak terlalu jauh dari gedung 1 SDIT MTA Sukoharjo.
Sekitar 10 menit siswa dan siswi sudah sampai di kantor kelurahan Begajah, sesampainya disana siswa dan siswi disambut dengan baik oleh petugas yang sudah dipersiapkan oleh pihak kelurahan, di kantor kelurahan siswa dan siswi kelas 1 mendapat banyak arahan dan ilmu berkaitan dengan berbagai macam pelayanan yang dilakukan oleh pihak kelurahan kepada masyarakat. Sekitar 1 jam penuh siswa dan siswi dapat mengikutinya dengan tertib.
Selepas dari kantor kelurahan Begajah kegiatan Outing Class dilanjutkan dengan wisata buku di pameran buku murah Sukoharjo yang diadakan di gedung Budi Sasono. Disana siswa dan siswi dapat membaca dan membeli buku sesuai dengan jumlah uang maksimal yang diperbolehkan dibawa. Yaitu Rp 10.000- , sekitar 1 jam siswa dan siswi berada di pameran buku murah Sukoharjo, mereka tampak terlihats angat senang dan gembira. Diharapkan dengan kegiatan Outing Class di kantor keluarahan Begajah ini siswa dan siswi dapat lebih memahami dan mengetahui berbagai macam kegiatan yang ada di kantor kelurahan guna memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat.

2.       SDIT MTA Sukoharjo Outing Class di Masjid Agung Sukoharjo.
Di hari yang sama Rabu 28 September 2016 siswa dan siswi kelas 2 SDIT MTA Sukoharjo juga melakukan kegiatan Outing Class, sebanyak 48 siswa dan siswi dengan didampingi 3 ustadz dan ustadzah mengikuti kegiatan Outing Clas di masjid Agung Sukoharjo, siswa dan siswi kelas 2 berangkat dengan mengedarai 1 armada sepur kelinci, walaupun cuaca gerimis dan mendung tapi siswa dan siswi sangat antusias sekali.
Siswa dan siswi berangkat sekitar pukul 09:00 dan sampai di masjid agung Sukoharjo sekitar 15 menit kemudian, sesampainya di masjid Agung Sukoharjo siswa dan siswi diajak untuk shalat Dhuha, kemudian anak-anak dikumpulkan menjadi satu dan djelaskan tentang sejarah Masjid Agung Sukoharjo oleh Ustadz Ari, sekitar 1 jam siswa dan siswi berada di Masjid Agung Sukoharjo.
Setelah dari Masjid Agung Sukoharjo Siswa dan siswi melanjutkan kegiatan dengan wisata buku dipemeran buku Murah Sukoharjo. Disana siswa dan siswi diperbolehkan untuk membeli buku seharga 10.000, alhamdulillah siswa dan siswi sangat antusias sekali, ada yang membeli buku agama, buku pelajaran, dan buku umum. Tepat pukul 11:00 siswa dan siswi sudah kembali di gedung 2 SDIT MTA Sukoharjo.

3.       SDIT MTA Sukoharjo Outing Class di kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah.
Acara outing class dihari yang kedua yaitu hari kamis 29 September 2016 dilaksanakan  tiga tempat yang berbeda, yang pertama adalah di kantor Arsip dan perpustakaan daerah kabupaten Sukoharjo, sebanyak 60 anak yang terdiri dari siswa putra dan putri kelas 3 baik kelas 3A maupun 3B SDIT MTA Sukoharjo mengikuti kegiatan ini dengan tertib.
Dengan didampingi beberapa ustadz dan ustadzah siswa dan siswi kelas 3 berangkat ke kantor Arsip dan perpustakaan daerah sekitar pukul 08:00 pagi dengan mengendarai 2 mobil angkuta, dalam perjalanan terlihat meraka sangat riang gembira menikmati suasana pagi yang cerah, tak butuh waktu lama untuk sampai dikantor arsip dan perpustakaan daerah, karena memang lokasi nya yang tidak terlalu jauh dari gedung SDIT MTA Sukoharjo, sesampainya disana anak-aak disambut denga baik oleh petugas, merea dipersilahkan untuk duduk di pendopo kantor arsip dan perpustakaan daerah, disana mereka diperkenalkan fungsi dan kegiatan-kegiatan pelayanan yang dilaksanaan di kantor arsip dan perpustakaan daerah, anak-anak sangat antusis mendengarkan penjelasan yang diberkan oleh petugas, terakhir anak-anak juga diberi kesempatan untuk masuk kedalam kantor untuk melihat-lihat koleksi buku dan membaca nya di ruang baca.sekitar 2 jam anak-anak berada d kantir arsip dan perpustakaan daerah.
Sebagaimana kelas yang lain untuk kelas 3 ini acara outing class juga dilajutkan dengan wisata buku di pameran buku murah Sukoharjo, siswa dan siswi juga diberi kebebasan untuk membelanjakan uang saku nya dengan membeli buku-buku yang sesuai dengan apa yang mereka minati masing-masing, sekitar pukul 11;00 siswa dan siswi sudah pulang dan sampai di geung SDIT MTA Sukoharjo, diharapkan dengan kegiatan ini siswa dan siswi dapat lebih gemar membaca, karena buku adalah gudang ilmu, dengan buku kita bisa menjadi lebih pandai dan pintar.

4.       SDIT MTA Sukoharjo Outing Class di kantor Kecamatan Sukoharjo
Di hari yang sama yaitu Kamis 29 September 2016 siswa dan siswi kelas 4 melaksanakan Outing Class di kantor Kecamatan Sukoharjo, terdiri atas 2 kelas yaitu kelas 4A dan kelas 4B dengan jumlah personel sebanyak kurang lebih 50 anak dengan didampingi beberapa ustadz dan ustadzah berangkat ke kantor kecamatan Sukoharjo.
Siswa dan siswi berangkat dari gedung 2 SDIT MTA Sukoharjo pukul 08:00 , sekitar 10 menit perjalanan yang ditemouh siswa dan siswi sudah sampai di kantor kecamatan Sukoharjo, disana siswa dan siswi disambut denga baik oleh para petugas kecamatn, siswa dan siswi diarahkan dan diberi materi berkenaan dengan beberapa hal yang terkait dengan tuugas dan fungsi dari kantot kecamatan serta beberapa hal yang terkait dengan pelayanan-pelayanan terhadap asyarakat yang dilakukan di kantor kecamatan seperti pembuatan KTP, pembuatan surat keterangan dll semua dapat dilakukan di kantor kecamatan. Sekitar 1 jam siswa dan siswi berada di kantor kecamatan, banyak ilmu yang bermanfaat yang didapat oleh siswa dan siswi SDIT MTA Sukoharjo,
Acara Outing Class dilanjutkan dengan wsata buku di pameran buku murah Kabupaten Sukoharjo, disana tampak penuh sesak para pecinta buku melihat-lihat buku bacaan, baik itu buku umum maupun buku ilmiah, siswa dan siswi SDIT MTA Sukoharjo tak kalah antusianya, mereka senang sekali bisa masuk ke pameran buku Murah Sukoharjo, diharapkan dengan kegiatan outing Class di kantor kecamatan ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan anak-anak kelas 4 terhadap manfaat dan kegiatan-kegiatan serta peyanan-pelayanan yang ada di kantor kecamatan, sehingga nantinya kedepannya ketika meraka sudah dewasa siswa dan siswi tidak bingung lagi ketika ada keperluan di kantor kecamatn.

5.       SDIT MTA Sukoharjo Outing Class di kantor Pos Sukoharjo
Alat komunikasi adalah sesuatu yang paling penting, dizaman sekarang ini kita sudah sangat mudah berkomunikasi satu sama lain walaupun mungkin jaraknya sangat jauh dari kita, kita bisa menggunakan telfon atau HP, bahkan ada socia media seperti email, whatsaap, BBM. Facebook dan lai sebagainya, namun kita juga harus tau bahwa ada satu lagi alat komunikasi yang dulu sangat pupuler dan sangat diandalkan leh masyarakat Indonesia, yaitu Surat, surat dapat kita kirim lewat kurir surat yang dinamakan dengan tukang Pos, sedangkan tukang pos sendiri meiliki sebuah kantor yang disebut denga kantor pos,
Berkenaan dengan hal itu maka pada hari kamis 29 September 2016 siswa dan siswi Kelas 5 SDIT MTA Sukoharjo sebanyak 41 siswa baik putra maupun putri diajak untuk mengunjungi kantor pos, disana siswa dan siswi memperoleh ilmu tetang dunia pos secara langsung, disana meeka diberitahu tentang tata cara mengirimkan surat dan diberi tahu bagaimana sebuat surat bisa terbang sangat jauh ke seluruh pelosok Indonesia, siswa dan siswi juga di beri kesempatan untuk melihatlihat berbagai macam fasilitas yang ada di kantor pos seperti Bis Surat, perangko dll. Sekitar 1 jam siswa dan siswi berada di kantor pos.
Selepas dari kantor siswa dan siswi tak lupa jug diampirkan di pameran buku murah Sukoharjo agar mereka juga bisa berwisata buku dengan melihat-lihat, membaca dan membeli buku yang mereka inginkan masing-masing. Diharapkan dengan kegiatan outing class di kantor pos ini siswa dan siswi kelas 5 SDIT MTA Sukoharjo dapat lebih kenal dekat dengan dunia Pos sehingga meraka tidak sungkan dan tidak segan apabila harus berkirim surat kepada teman atau saudara yang berada nan jauh diluar daerah sana.

6.       SDIT MTA Sukoharjo Juara Umum lomba MAPSI tingkat kecamatan Sukoharjo
Alhamdulillah atas izin dari Allah SWT di awal bulan Oktober 2016 ini prestasi siswa dan siswi SDIT MTA Sukoharjo sangat mencuat di wilayah kecamatan Sukoharjo, terbukti dlam gelaran lomba MAPSI yang diadakan oleh KKG guru PAI di wilayah kecamatan Sukoharjo siswa dan siswi SDIT MTA Sukoharjo berhasil menyabet juara umum, dengan rincian 5 medali emas dan 2 medali perunggu. Lewat 5 cabang perlombaan yang di ikuti yaitu cabang PAI, khitobah, mocopat islami, tahfidz dan cerita Islami.
Lomba MAPSI tingkat kecamatan sendiri dilaksanakan pada hari Rabu 5 Oktober 2016 bertempat di SDN Joho 4, di ikuti oleh puluhan siswa dan siswi SD Negeri maupun Swasta se kecamatan Sukoharjo yang telah lulus seleksi gugus. Ketujuh medali untuk SDIT MTA Sukoharjo sendiri dipersembahkan oleh:
a.       Auliya Roshali                            : juara 1 lomba PAI Putri
b.      Sayyid Abdurrahman K          : juara 1 lomba PAI Putra
c.       Fatikhah Sholikhatun K          : juara 1 lomba khitobah Putri
d.      Amrul Khoiri Anshori               : juara 1 lomba khitobah Putra
e.      Hisaanu Raihan                          : juara 1 lomba mocopat islami Putri
f.        Zsanyra Citra P                            : juara 3 lomba cerota Islami Putri
g.       Labib Mukhlis A                       : juara 3 lomba Tahfidz putra
Alhamdulillah dengan hasil tersebut mampu menempatkan SDIT MTA Sukoharjo sebagai juara umum lomba MAPSI tingkat Kecamatan, dan dengan hasil tersebut maka 5 siswa SDIT MTA Sukoharjo berhak meakili Kecamatan Sukoharjo untuk maju lomba MAPSI ke tingkat Kabupaten. Lomba di tingkat Kabupaten sendiri akan dilaksanakan pada hari Kamis 13 Oktober 2016 bertempat di kecamatan Bulu.  Ustadzah Ismi Handayani, M.Pd selaku Kepala Sekolah SDIT MTA Sukoharjo gerharap prstasi yang didapat ini mampu dipertahankan ditahun-tahun yang akan datang dan di tingkat Kabupaten nanti siswa dan siswi SDIT MTA Sukoharjo dapat menunjukkan prestasi terbaiknyasehingga mampu menaikkan nama SDIT MTA Sukoharjo di wilayah kabupaten Sukoharjo.

7.       SDIT MTA Sukoharjo mengikuti pelatihan IT di SMA MTA Surakarta
Ilmu Teknologi atau IT adalah ilmu yang sangat penting sekali dijaman yang sudah modern seperti saat ini. Segaa hal dapat kita lakukan lewat dunia maya, dan segala ha dapat kita temukan lewat dunia maya, tak lepas dari dunia pendidikan, segala aspek berkaitan dengan dunia pendidikan juga dapat kita temukan di dunia maya, maka dari itu kita sebagai masyarakat yang berkecimpung didunia pendidikan haruslah memanfaatan nya sebaik mungkin. Berbekal dengan hal tersebut maka seksi pendidika yayasn Majlis Tafsir Al Quran pada hari Senin 31 Oktober 2016 mengadakan acara pelatihan IT bagi segenap guru atau karyawan di lingkup instansi pendidikan MTA.
Hadir selaku narasumber dalam pelatihan ini adalah segenap dosen pengabdian masyarakat di UNY Yogyakarta. Dalam kesempatan ini terbagi menjadi 2 sesion yaitu sesion pertama pukul 09:00-12:00 dengan materi pembuatan blog atau website dan sesion kedua pukul 13:00-15:00 dengan materi microsoft exel. Turut hadir sebagai peserta dalam acara petihan ini kurang lebih 40 guru dan karyawan yang berasal dari SDIT MTA Gemolong, Matesih, Sukoharjo. SMP MTA Gemolong, SMP IT MTA Karanganyar, SMA MTA Surakarta dan Pembina Asrama SMP MTA. Dari SDIT MTA Sukoharjo diwaklkan oleh 4 guru dan karyawan, yaitu Ustzadzah Ismi Handayani, M.Pd. Ustadz Dwi Ariyanto, S.Pd.I, Ustadz Rosit Musthofa, S.Pd dan Ustadz Amanto.
Dharapkan dengan keikutsertaa segenap guru dan karyawan SDIT MTA Sukoharjo dalam acara pelatihan IT di dapat lebih meningkatkan intensitas keaktifan penyaluran informasi SDIT MTA Sukoharjo kepada masyarakat umum lewat dunia maya semisal blog maupun media sosial yang lain yang tentu nya akan cukup efektif jika dapat memaksimalkannya. Dan diharapkan dengan keaktifan SDIT MTA Sukoharjo didunia maya tentu aka lebih memperkenalkan SDIT MTA Sukoharjo kepada segenap masyarakat tidak hanya di lingkup kabupaten sukoharjo namun juga sampai luar kota bahkan manca negara.

8.       SDIT MTA Sukoharjo mengikuti pembinaan guru dan karyawan
Motivasi senantiasa kita butuhkan untuk meningkatkan kualitas diri, tak terkecuali bagi guru dan karyawn yang setiap hari selalu bekecimpung didunia pendidikan, yang tentnya sellu mengahdapi berbagai macam problematika yang sangatberagam baik problematika antar tenaga pendidik sendiri maupun prblematika dengan masyarakat pendidik yaitu siswa. Dalam rangka meningkatkan kembali motivasi terhadap guru dan karyawan yang merupakan bagian tenaga kependidikan yang berada di bawah lingkup yayasan Majlis Tafsir Al Quran maka seksi pendidikan Yayasan Majlis Tafsir Al Quran mengadaka acara pembinaan guru dan karyawan.
Cara pembinaan guu dan karyawan dilaksanakan pada hari Sabtu 5 Desember 2016 bertempat di SMA MTA Surakarta, di ikuti oleh seluruh guru dan karyawan dari SDIT MTA, SMP MTA, SMA MTA, SLB MTA, dan Al Mar’ah. Dalam acara ini dihadiri oleh ketua umum Yayasan Majlis Tafsir Al Quran yaitu ust Prof Yoyok Mugiyatna. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan kriteria pendidikan yang baik dan bagus yaitu diantaranya: siswa baik dalam bidang akhlaknya, siswa baik dalam bidang akademisnya dan guru sejahtera dalam keseharian nya. Selama kurang lebih 30 menit beliau menyampaikan tausiyah, acara di akhiri pukul 14:00.
Diharapkan dengan mengikuti acara tersebut segenap guru dan karyawan SDIT MTA Sukoharjo dapat lebih meningkatka kualitas diri nya dari segi spiritual, sehingga memudahkan dalam rangka mendidik putra dan putri SDIT MTA Sukoharjo enjadi generasi yang berakhlaq mulia, cerdas dan berprstasi sebagaimana visi dan misi SDIT MTA Sukoharjo itu sendiri.


Share:

Ikuti Kami

Youtube Instagram Facebook Whatsapp

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *