OUTING CLASS SDIT MTA SUKOHARJO

Dalam rangka mengisi jeda mid semester maka seperti biasanya SDIT MTA Sukoharjo mengadakan acara outing class acara ini di ikuti oleh semua siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 dengan berbagai macam tempat tujuan yang berbeda-beda. Outing class merupakan salah satu bentuk pembelajaran diluar kelas yang dilaksanakan oleh SDIT MTA Sukoharjo dengan memberikan pengalaman kepada siswa dan siswi secara langsung. Siswa kelas 1 melaksanakan outing class di kantor KODIM Sukoharjo, siswa di damping oleh beberapa guru berangkat dari SDIT MTA Sukoharjo pukul 08:00 dengan mengendrai mobil dinas KODIM.
Siswa dan siswi tampak riang gembira selama didalam perjalanan. Dengan dendangan lagu mengiringi setiap perjalanan. Tak terasa sampailah para siswa dan siswi di kantor KODIM Sukoharjo, disana sudah ditunggu dengan bijak oleh beberapa petugas. Dan disana siswa dan siswi dijelaskan secara lengkap tentang tugas dan fungsi dari KODIM, serta diberi kesempatan untuk berkeliling melihat-lihat area KODIM. 

Siswa kelas 2 melaksanakan outing class di kantor PERPUSDA Sukoharjo. Sebuah tempat dimana banyak sekali masyarakat luas baik dari lingkup pendidikan maupun umum dating untuk mengasah ilmu pengetahuan dan menambah ilmu pengetahuan. Para siswa sangat antusias dengan penjelasan yang diberikan oleh petugas PERPUSDA, disana para siswa juga diberi kesempatan untuk membaca-baca buku sepuasnya, ada buk cerita, buku pengetahuan, buku umum maupun surat kabar yang bias di baca secara bergantian. Tujuan diadakan nya outing class di kantor PERPUSDA ini adalah untuk membiasakan peserta didik mengenal dan mempraktekkan literasi secara langsung. 

Siswa kelas 3 melaksanakan outing class di kantor pos Sukoharjo, kantor pos merupakan tempat yang pertama kali harus diketahui oleh para siswa jika membahas tentang alat komunikasi, sebab dulu sebelum booming telephone orang ketika akan mengirim pesan pastilah menggunakan jasa kantor pos, demikian juga dengan siswa dan siswi kelas 3, ketika mereka melaksanakan outing class di Kantor pos mereka di beri kesempatan untuk mmengirim surat kepada orangtua mereka, dengan perangko khusus yang diberikan oleh pihak kantor pos, para siswa diharapkan bias memahami alat komunikasi baik modern maupun tradisional, selain itu mereka juga bias mengerti bahwa kantor pos tidak hanya mengirimkan surat saja tugasnya, namun juga bisa yang lain seperti berkirim uang lewat wesel, berkirim barang lewat paket. Dll 

Siswa daan siswi kelas 4 melaksanakan outing class di kantor PLTA Wonogiri, berbeda dengan kelas yang lain, di kantor PLTA siwa dan siswi mendapatkan pengarahan dan informasi terkait dengan pembangkit listrik tenaga air. Listrik merupakan kebutuhan pokok selama ini. Listrik tidak bisa dihilangkan dari kebutuhan umat manusia. Dunia akan gelap manakala listrik hilang, di PLTA Wonogiri ini siswa dan siswi kelas 4 melihat secara langsung proses pembuatan listrik dari tenaga air, bagaimana air ternyata bisa membuat dan membentuk listrik. Selain itu para siswa juga harus senantiasa berhemat listrik, karena bagaimanapun juga kebutuhan listrik akan selalu meningkat setiap hari nya. 

Siswa kelas 5 melaksanakan outing class di kantor PMI Sukoharjo, sebuah tempat yang tidak asing bagi siswa dan siswi karena lokas dari kantor PMI sendiri yag tidak terlalu jauh dari gedungg SDIT MTA Sukoharjo, tak membutuhkan armada khusus untuk mengantar siswa dan siswi kelas 5 ke kantor PMI, hanya cukup berjalan kaki 2 menit sudah sampailah mereka di gedung kantor PMI Sukoharjo, dikantor PMI para siswa dan siswi sudah di sambut dengan ramah ibu Dyah selkau pimpinan PMI Sukoharjo beserta beberapa staf PMI, di kantor PMI siswa dan siswi kelas 5 dijelaskan secara rinci sejarah terbentuknya PMI baik dilingkup dunia maupun nasional. Selain itu siswa dan siswi juga diberi pengetahuan untuk praktek P3K yaitu pertolongan pertama pada kecelakaan, baik itu kecelakaan sederhana hingga patah tulang. Dikesempatan ini pula para siswa dan siswi diperkenankan untuk melihat secara langsung proses donor darah, karena pada saat itu kebetulan di kantor PMI Sukoharjo sedang ada proses donor darah. Diharapkan dengan kegiatan ini mampu menumbuhkan jiwa kemanusiaan anak sejak sedini mungkin agar mereka terbiasa hidup saling tolong menolong. 

Siswa kelas 6 outing class di kantor Bank Indonesia cabang Surakarta. Lain dari yang lain, sejumlah 60an siswa dan siswi kelas 6 SDIT MTA Sukoharjo dengan didampingi oleh para guru mengikuti outing class di Bank Indonesia, disana siswa dan siswi di beri materi terkait dnegan kesentralan mata uang Rupiah serta apa saja hal yang harus kita lakukan terhadap mata uang rupiah agar nilai yang terkandung didalam mata uang itu tidak hilang. Pemilihan Bank Indonesia sebagai tempat outing class memang bukan tanpa tujuan, melainkan dengan tujuan agar para siswa dan siswi memahami ke mata uang an secara langsung. Di Bank Indonesia para siswa dan siswi snagat antusias sekali terutama ketika pemebrian doorprise, meteka sangat antusias untuk menjawab pertanyaan dari petugas. Selain pelaksanaan outing class ke beberapa instasi siswa dan siswi juga diajak untuk berenang bersama agar merefreskan badan dan pikiran serta mengamalkan salah satu olahraga yang disunahkan oleh nabi Muhammad SAW. Serangkaian acar outing class dan renang dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Rabu 25 September 2019 hingga Kamis 26 September 2019.
Share:

Ikuti Kami

Youtube Instagram Facebook Whatsapp

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *