Lomba Sekolah Sehat

 


Dalam rangka menciptakan lingkungan hidup sehat dan bersih, SDIT MTA Sukoharjo turut ambil bagian dalam kegiatan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Sukoharjo tahun 2022. Lomba tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 20 Juni 2022. Sekolah yang sehat merupakan perwujudan dari UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) bagi warga sekolah. Wujud dari pembinaan dan pengembangan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) adalah upaya meningkatkan pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan untuk menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan, dan membimbing agar bisa menghayati, menyayangi prinsip hidup sehat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari.

Dalam pelaksanaan UKS selalu memperhatikan aspek kesehatan fisik, mental, social, dan lingkungan sekolah, dalam rangka mendidik atau membawa warga sekolah dan peserta didik dalam kondisi selalu sehat. Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar bagi peserta didik.

Penilaian LSS dilakukan secara detail di setiap sudut sekolah. Adapun aspek yang dinilai antara lain: ruang kepala sekolah, ruangan guru, ruang kelas, ruang perpustakaan, tempat ibadah, ruang UKS, alat laboratorium/keterampilan/praktek, kantin sekolah, kamar mandi dan wc, pembinaan lingkungan sekolah sehat, dan pendidikan kesehatan.

 Menurut koordinator lomba sekolah sehat Drs. Karsidi, M.Pd secara keseluruhan SDIT MTA Sukoharjo sudah menerapkan kriteria sebagai sekolah sehat. Dikatakan sudah bagus hanya beberapa yang perlu pembiasaan penambahan terutama pada spanduk atau juga mmt yang terkait dengan motivasi untuk tidak merokok, tidak narkoba, minum-minuman keras. Dengan begitu anak terbiasa membaca sehingga tulisan-tulisan itu mengenang di dalam diri dan nantinya kedepan diharapkan sekolah-sekolah lain khususnya di Sukoharjo mampu mewujudkan lingkungan sehat demi kenyamanan pembelajaran.

Alhamdulillah, atas izin dan rahmat dari Allah SWT, SDIT MTA Sukoharjo berhasil meraih prestasi yang membanggakan pada Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Tahun 2022 dengan memperoleh juara 2. Terima kasih untuk tim IGOR dan Puskesmas Sukoharjo yang telah men-support SDIT MTA Sukoharjo dalam mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Tahun 2022.

Share:

Ikuti Kami

Youtube Instagram Facebook Whatsapp

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *