Perkemahan satu hari dan perkemahan Jumat Sabtu gudep SDIT MTA Sukoharjo

 


Kegiatan Pramuka adalah kegiatan yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan para siswa sehingga kegiatan pramuka hendaknya senantiasa digalakkan di semua satuan gudep yang ada di wilayah sekolah masing-masing. Tak terkecuali satuag gugus depan yang ada di SDIT MTA Sukoharjo, setelah bertahun-tahun tak mengadakan kegiatan dikarenakan kondisi covid 19 maka pada tahun 2022 ini dalam rangka memperingati hari pramuka maka gugus depan SDT MTA Sukoharjo mengadakan acara PERSARI yaitu perkemahan satu hari dan PERJUSA yaitu perkemahan jumat dan Sabtu.

Kegiatan PERSARI di ikuti oleh para anggota pramuka siaga kelas 3 dan 4 SDIT MTA Sukoharjo. Berbagai macam kegiatan yang berwujud permainan sudah dipersiapkan oleh panitia, diantara nya adalah kegiatan ketangkasan melempar bola, kegiatan menghafal ayat suci Al Quran, kegiatan mengahafal nama-nama pahlawan nasional beserta dengan foto nya serta kegiatan lain yang sarat akan makna yang terkandung didalam nya. Kegiatan PERSARI ini terselenggara pada hari Kamis tanggal 14 Oktober 2022.

Setelah acara PERSARI selesai maka kegiatan ke pramukaan dilanjutkan dengan PERJUSA yaitu perkemahan Jumat dan Sabtu. PERJUSA di ikuti oleh siswa dan siswi penggalang kelas 5 dan 6 SDIT MTA Sukoharjo, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Oktober 2022. Kegiatan diawali dengan pendirian tenda oleh para siswa dan siswi. Sejumlah puluhan tenda didirikan oleh para regu penggalang, yang nanti nya tenda ini akan dijadikan sebagai sentral kegiatan kepramukaan selama dua hari satu malam.

Selepas pendirian tenda, sore hari nya kegiatan dilanjutkan dengan mencari jejak namun diarea sekitar sekolahan. Dalam kegiatan ini berbagai macam POS sudah dipersiapkan, diantara nya adalah Pos shalat, pos baris berbaris, pos indera penglihatan dll yang maan dari setiap pos tersebut mengandung berbagai macam pelajaran berharga yang sangat baik untuk bekal hidup para siswa dimasa mendatang. Selanjutnya setelah maghrib acara dilanjutkan dengan ISHOMA siswa dan siswi diajak untuk shalat berjamaah serta makan malam dan beristirahat sampai dating nya waktu isya’.

Selepas shalat Isya’ kegiatan dilanjutkan dengan penyalaan api unggun, pada kesempatan kali ini beberapa petugas penyalaan api unggun sudah dipersiapkan, Alhamdulillah acara penyalaan api unggun dapat berjalan dengan lancar dan para siswa mendapatkan beberapa nasehat yang diberikan oleh kamabigus SDIT MTA Sukoharjo. Selepas acara api unggun kegiatan dilanjutkan dengan tukar sharing sesama anggota regu dengan dipandu oleh kakak-kakak Pembina, diharapkan dengan tukar sharing ini akan terjadi harmonisasi sesame siswa dan siswi SDIT MTA Sukoharjo dalam kehidupan sehari-hari, serta tercipta kerukunan dan ketentraman antar sesame siswa. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan istirahat malam, dan dipagi hari nya ba’da shalat subuh ada kegiatan kuliah subuh dari kakak Pembina. Kegiatan PERJUSA ditutup sekitar pukul 07.00 WIB.

Share:

Ikuti Kami

Youtube Instagram Facebook Whatsapp

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *